Kamis, 12 Februari 2015

Kuliah Pertama Perilaku Konsumen (IKK233)


Lia Nuryanah
A24120082




Departemen Agronomi dan Hortikultura    (http://agrohort.ipb.ac.id/index.php/id/)

Fakultas Pertanian                                         (http://faperta.ipb.ac.id/index.php/id/)
Institut Pertanian Bogor                                (http://ipb.ac.id)




Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 
(Consumer Behavior Class)

Department of Family and Consumer Sciences                  (http://ikk.fema.ipb.ac.id/id/)
College of Human Ecology                                                       (http://fema.ipb.ac.id) 
Bogor Agricultural University IPB                                             (http://ipb.ac.id)



Dosen :

Prof Dr Ir UJANG  SUMARWAN, MSc  (http://sumarwan.staff.ipb.ac.id/)
                                                                          (http://ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id/)
                                                                          (sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA 
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS 
Ir. Retnaningsih, MS 
Ir. Md djamaluddin, MSc 




Referensii Buku :


Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.






Kuliah Kamis, Pukul 07.30-10.00 WIB 12 Februari 2015


Kuliah Pertama Perilaku Konsumen (IKK233) :

 Kegiatan perkuliahan Perilaku Konsumen (IKK233) yang pertama dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Februari 2015 di RK IKK 1.1.  Kuliah ini disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan M.Sc yang sekaligus sebagai Koordinator MK. Perilaku Konsumen. Buku pegangan untuk mahasiswa yang mengikuti kuliah perilaku konsumen ini juga ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan M.Sc yang berjudul Perilaku Konsumen. Kuliah pertama ini berlangsung sangat menarik karena kegiatan belajar mengajar tidak hanya dilakukan satu arah. Namun pada kuliah ini dilakukan secara dua arah, sehingga mahasiswa turut aktif mengemukakan pendapatnya.


Materi pada kuliah pertama sendiri selain menjelaskan mengenai kontrak perkuliahan untuk MK. Perilaku Konsumen (IKK233), juga menjelaskan mengenai materi Pendahuluan mengenai perilaku konsumen. Arti konsumen sendiri berkaitan dengan pelanggan, pemakai, pengguna, pembeli, pengambil keputusan. Selain itu konsumen juga berkaitan dengan barang, jasa, harga, kualitas, kegiatan menawar, membandingkan, Sedangkan arti perilaku konsumen menurut beberapa konsumen yaitu rela antri demi produk yang diinginkan, menginginkan pelayanan yang cepat, menginginkan barang dengan harga rendah tetapi dengan kualitas terbaik, rela mengeluarkan uang banyak demi barang yang diinginkan. Pengertian perilaku konsumen sendiri sebenarnya terbagi dua yaitu tindakan dan aspek psikologis mulai dari konsumen sebelum dan sesudah membeli. Ketika sudah melakukan pembelian dan kecewa dengan produk yang dibeli maka yang dilakukan konsumen memprovokasi konsumen lain mengenai produk tersebut.
 
Perspektif riset perilaku konsumen sendiri terbagi menjadi 3 yaitu :
1. Pengambilan keputusan (serangkaian aktivitas dalam memutuskan),
2. Eksperiensial/pengalaman (karena kegembiraan, fantasi),
3. Pengaruh berhavioral (kerana faktor lingkungan).

Selain itu ada perilaku konsumen yang negatif seperti merokok, menggunakan narkoba, dan meminum minuman keras. Beberapa pihak yang harus mempelajari perilaku konsumen yaitu :
A. Pemasar (produsen),
B. Pegiat pendidikan dan perlindungan konsumen,
C. Pemerintah dan anggota legislatif,
D. Memahami dirinya sendiri (konsumen itu sendiri).

Hal penting lain yang perlu dipelajari dalam mempelajari perilaku konsumen ada mempelajari model keputusan konsumen yang dapat dilihat dalam buku karya Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan M.Sc pada halaman 9. Faktor utama yang mempengaruhi keputusan konsumen sendiri terbagi menjadi 3 yaitu :
1. Kegiatan pemasaran baik perusahaan maupun pemerintah,
2. Individu konsumen,
3. Lingkungan (sosial, fisik).

Adapun faktor yang ada dalam individu seperti motivasi, kepribadian, konsep diri, proses pengolahan informasi, proses belajar, sikap konsumen, dan pengetahuan. Pada pertemuan pertama sendiri dijelaskan mengenai faktor pertama yaitu motivasi. Berdasarkan kebutuhan sendiri terbagi menjadi dua yaitu faktor pendorong dan berdasarkan manfaat. lebih detailnya dapat dilihat dari bagan berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar