Lia Nuryanah
A24120082
Departemen Agronomi dan Hortikultura (http://agrohort.ipb.ac.id/index.php/id/)
Fakultas Pertanian (http://faperta.ipb.ac.id/index.php/id/)
Institut Pertanian Bogor (http://ipb.ac.id)
Kuliah
Perilaku Konsumen IKK233
(Consumer Behavior Class)
(Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Sciences (http://ikk.fema.ipb.ac.id/id/)
College of Human Ecology (http://fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (http://ipb.ac.id)
Dosen :
Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc (http://sumarwan.staff.ipb.ac.id/)
(http://ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id/)
(sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc
Referensii Buku :
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori
dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Kuliah Kamis, Pukul 07.30-10.00 WIB 12 Februari 2015
Kuliah Pertama Perilaku Konsumen (IKK233) :
Kegiatan perkuliahan Perilaku Konsumen (IKK233) yang
pertama dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Februari 2015 di RK IKK 1.1. Kuliah ini disampaikan oleh Prof. Dr. Ir.
Ujang Sumarwan M.Sc yang sekaligus sebagai Koordinator MK. Perilaku Konsumen.
Buku pegangan untuk mahasiswa yang mengikuti kuliah perilaku konsumen ini juga
ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan M.Sc yang berjudul Perilaku Konsumen.
Kuliah pertama ini berlangsung sangat menarik karena kegiatan belajar mengajar
tidak hanya dilakukan satu arah. Namun pada kuliah ini dilakukan secara dua
arah, sehingga mahasiswa turut aktif mengemukakan pendapatnya.
Materi pada kuliah pertama sendiri selain
menjelaskan mengenai kontrak perkuliahan untuk MK. Perilaku Konsumen (IKK233),
juga menjelaskan mengenai materi Pendahuluan mengenai perilaku konsumen. Arti
konsumen sendiri berkaitan dengan pelanggan, pemakai, pengguna, pembeli,
pengambil keputusan. Selain itu konsumen juga berkaitan dengan barang, jasa,
harga, kualitas, kegiatan menawar, membandingkan, Sedangkan arti perilaku
konsumen menurut beberapa konsumen yaitu rela antri demi produk yang
diinginkan, menginginkan pelayanan yang cepat, menginginkan barang dengan harga
rendah tetapi dengan kualitas terbaik, rela mengeluarkan uang banyak demi
barang yang diinginkan. Pengertian perilaku konsumen sendiri sebenarnya terbagi
dua yaitu tindakan dan aspek psikologis mulai dari konsumen sebelum dan sesudah
membeli. Ketika sudah melakukan pembelian dan kecewa dengan produk yang dibeli
maka yang dilakukan konsumen memprovokasi konsumen lain mengenai produk
tersebut.
Perspektif riset perilaku konsumen sendiri terbagi
menjadi 3 yaitu :
1. Pengambilan keputusan
(serangkaian aktivitas dalam memutuskan),
2. Eksperiensial/pengalaman
(karena kegembiraan, fantasi),
3. Pengaruh berhavioral
(kerana faktor lingkungan).
Selain itu ada perilaku konsumen yang negatif
seperti merokok, menggunakan narkoba, dan meminum minuman keras. Beberapa pihak
yang harus mempelajari perilaku konsumen yaitu :
A. Pemasar (produsen),
B. Pegiat pendidikan dan
perlindungan konsumen,
C. Pemerintah dan anggota
legislatif,
D. Memahami dirinya
sendiri (konsumen itu sendiri).
Hal penting lain yang perlu dipelajari dalam
mempelajari perilaku konsumen ada mempelajari model keputusan konsumen yang
dapat dilihat dalam buku karya Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan M.Sc pada halaman 9.
Faktor utama yang mempengaruhi keputusan konsumen sendiri terbagi menjadi 3
yaitu :
1. Kegiatan pemasaran baik
perusahaan maupun pemerintah,
2. Individu konsumen,
3. Lingkungan (sosial,
fisik).
Adapun faktor yang ada dalam individu seperti motivasi, kepribadian, konsep diri, proses pengolahan informasi, proses belajar, sikap konsumen, dan pengetahuan. Pada pertemuan pertama sendiri dijelaskan mengenai faktor pertama yaitu motivasi. Berdasarkan kebutuhan sendiri terbagi menjadi dua yaitu faktor pendorong dan berdasarkan manfaat. lebih detailnya dapat dilihat dari bagan berikut :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar